Andalan

Galau (1)

Kemarin hari Jumat. Hari favorit saya dalam seminggu. Kenapa ? Soalnya besok libur, haha. Soalnya hari Jumat biasanya pulang cepet. Soalnya hari Jumat biasanya jarang kuliah. Soalnya hari Jumat istimewa. Kaum muslimin dianjurkan baca al Kahfi supaya bercahaya sampai Jumat depan. Lalu Jumat depannya baca al Kahfi lagi. Jadilah kaum muslimin bercahaya terus-menerus. Banyak berdoa …

Lanjutkan membaca Galau (1)

Iklan
Andalan

Perlukah Naksir Diceritakan ?

Assalamu'alaikum. Gatau ya kenapa hari ini saya kangen banget sama blog ini. Saking lamanya berkutat dengan skripsi, saya jadi enggan nge-blog. Saya jadi worry dan gelisah sendiri, ngegalauin skripsi saya yang belum selesai ditulis. Padahal kan, semua ada jatahnya. Buat nyekrip, buat nge-blog, sebenernya dua-duanya bisa dikerjakan. Cuma, ya gitulah. Dua hari lalu saya baru kelar …

Lanjutkan membaca Perlukah Naksir Diceritakan ?

Andalan

Tentang Puisi Tausiyah Cinta

Sebagai seorang pecinta puisi yang gak terlalu suka bikin puisi, saya senang membaca kata-kata cantik bermakna dalam. Pikir saya, ya Allah keren banget penulisnya bisa buat kata-kata seindah itu. Beberapa hari lalu, pas nge-scroll galeri hape dan melihat foto-foto lama, saya menemukan skrinsyut-an dari instagram, tepatnya dari akun @saridezra, komikus itu. Beliau menggambar poster film Tausiyah …

Lanjutkan membaca Tentang Puisi Tausiyah Cinta

Andalan

Kata Umar yang Menginspirasiku

Dia Umar. Lelaki yang hebat, kuat, dan perkasa. Dia Singa Padang Pasir. Hampir semua penduduk Mekkah segan padanya. Lelaki yang mulanya sangat membenci Sang Pembawa Risalah, bahkan hendak membunuhnya. Lelaki yang beruntung, Allah memilihnya, mengaruniakan hidayah di hatinya yang keras. Lelaki yang berubah, menjadi jauh lebih lembut, dengan Islam di hatinya, menyatu di jiwa raganya. …

Lanjutkan membaca Kata Umar yang Menginspirasiku

Andalan

Kamu Cantik, Meski Tanpa Make Up !

Halo, para jomblo sejagat raya. Assalamu'alaikum. Semoga malam Seninnya produktif dan jangan lupa nelpon rumah. Kali ini saya mau ngomongin make up, benda yang lumayan identik dengan wanita dan pria berprofesi khusus. Karena keterbatasan minat, tulisan ini hanya membahas make up untuk para wanita saja. Wanita dan make up. Bisakah mereka berpisah ? Kalo kata …

Lanjutkan membaca Kamu Cantik, Meski Tanpa Make Up !

Andalan

Doa Cinta

Tuhanku, hambamu memohon ampun Tuhanku, bantu hamba menjadikanMu satu-satunya pemilik singgasana tertinggi di jiwa Tuhanku, hamba mohon ampun Tuhanku, jangan jadikan hamba cinta dengan sesuatu yang menjadikan hamba lupa mencintaimu. bantu hamba cinta dengan sesuatu yang mengingatkan hamba padaMu. Tuhanku, hamba cinta Engkau. Kekalkan cinta ini ya Rabbi.

Andalan

Aslinya !

Internet dengan media sosialnya telah sukses membuat seorang manusia memiliki kepribadian ganda. Tak percaya ? Pernah gak sih punya teman yang kalo di-chat cuek abis, udah ngetik panjang-panjang cuma dibales "iya" tapi ternyata orangnya cerewet banget ? Atau orang yang di-instagramnya kelihatan waaaaah gaul amat nongkrong di tempat hits melulu tapi pas ketemu ternyata pendiem? …

Lanjutkan membaca Aslinya !

Andalan

Titah Paduka

ini tentang seorang kisana bukan temanku, kenal pun tidak tapi dia pergi, pergi. aku sudah bilang jangan siapa aku baginya? tiada ku didengar. dia pergi tak turut titah paduka dia tak hendak menjadi abdi kudengar ingin jadi biksu atau guru? semoga kemuliaan menyertainya.  

Andalan

Tentang Rindu

suatu malam kutelepon nenekku ia sedang menonton kuis di tv sambil membersihkan tauge untuk soto ayam kutanya kabar nenekku lalu rumahku lalu tetanggaku lalu pamanku lalu keponakanku lalu sepupuku lalu ayamku lalu kenalan yang sering lewat depan rumahku dan banyak lagi lalu mendadak aku ingin makan masakan nenekku dan dipijat nenekku dan diomeli nenekku lalu …

Lanjutkan membaca Tentang Rindu

Andalan

A girl and Her Mas (2) : Hanya Sekadar Cemburu

Ini kisah di hari Senin. Ketika sang Gadis dan Mas-nya bertemu tanpa sengaja. Hmm, jika kau lupa, aku pernah bercerita tentang mereka di sini. Sebelum membaca episode kali ini, ada baiknya kau membaca dulu episode sebelumnya, agar makin mudah untukmu paham. Tapi jika kau suka alur mundur, terserah, senyamanmu saja. Sang Gadis yang biasanya disiplin …

Lanjutkan membaca A girl and Her Mas (2) : Hanya Sekadar Cemburu

Andalan

Membangun Tembok, Lalu Diruntuhkan Lagi ? Jangan dong !

Assalamu'alaikum. Hola ! Selamat bermalam Minggu 🙂 Berawal dari postingan seorang teman di status Whatsapp-nya, tuh anak emang hobi nulis status panjang banget. Tapi tumben diri ini tergerak untuk membaca wkwk biasanya enggak. She was writing about wall. Iyes, tembok. Eh tembok apa dulu nih ? Tembok diri dung. Apa pula itu ? Jadi begini. …

Lanjutkan membaca Membangun Tembok, Lalu Diruntuhkan Lagi ? Jangan dong !

Andalan

Why did you so lazy ?

Akhir-akhir ini saya galau. Saya merasa kurang produktif. Padahal saya kudu menggarap bab 2, belajar kompre, dan persiapan UAS. Ah banyak betul yang musti saya selesaikan. Belom lagi rutinitas harian kayak masak dan bersih-bersih, agenda seminggu sekali, dan seminggu dua kali. Ya ampun ternyata saya sibuk bener. Tapi kenapa saya malas sekali. Kenapaaa? Kenapa saya …

Lanjutkan membaca Why did you so lazy ?

Andalan

Beberapa hal yang ternyata pernah saya catat tapi lupa.

Hukum asal amal shalih itu lebih baik disembunyikan, kecuali yang ga bisa disembunyikan. Misal : kalo para cowok sholat jamaah di masjid, masa iya kudu ngumpet hehe Sesungguhnya Allah melihat hati hamba-hamba-Nya. Salah satu manfaat mempelajari shiroh Nabawiyah adalah membantu memahami kitabullah, Al Quranul karim. Kita jadi tau asbabun nuzul (sebab turunnya) ayat tertentu. Dunia …

Lanjutkan membaca Beberapa hal yang ternyata pernah saya catat tapi lupa.

Andalan

Sebiru Langit Jakarta : Nulis tentang Nikah Muda

Saya gatel berapa hari ini pengen nulis tentang nikah muda, gara-gara kasus yang lagi booming banget akhir-akhir ini. Sebenernya sih saya agak ragu mau nulis beginian, masalahnya saya belom ngalamin sendiri kan. Tapi berhubung ada temen saya yang ngalamin hal serupa, rasanya gak enak mikirin sesuatu tanpa dituliskan. Yaudahlah ya, ditulis aja, dari pada dipendem kayak …

Lanjutkan membaca Sebiru Langit Jakarta : Nulis tentang Nikah Muda

Andalan

Why ?

pagi ini saya bertanya. kenapa ? kenapa baru sekarang? setelah saya mencoba lupa, dan sekarang terpaksa ingat lagi. kenapa ini terjadi berulang. saat saya mau lupa, justru tanpa sadar kamu berenang di sekitar saya, dan akhirnya kita berpapasan. saya telalu takut berdoa supaya kamu pergi saja, tidak bermain-main dalam pikiran saya. saya takut tuhan mengabulkan …

Lanjutkan membaca Why ?

Andalan

Terkenal di Langit (2) : Kisah Uwais Al Qarni

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh Haaaai semua. Gimana kabarnya ? Semoga selalu ingat Allah di mana pun berada. Alhamdulillah saya sehat, baru kelar UTS, dan lagi mikir dari manakah saya mulai menulis skripsi ? Sebenarnya rasa malas itu ada saat kita 'memulai'. Pas udah dikerjain, masa iya gak selesai. Hehe. Jadi kesimpulannya, jangan malas untuk memulai. Dari …

Lanjutkan membaca Terkenal di Langit (2) : Kisah Uwais Al Qarni

Andalan

Jodoh Tak Mungkin Ketuker : Kisah Cinta Salman Al Farisi

Assalamu'alaikum teman-teman tercinta. Haaaaaaaiii. Gimana kabarnya ? Semoga bahagia selalu. Saya lagi UTS dan baruuuuuu aja pengumuman dosen pembimbing skripsi nongol. Alhamdulillah dapet sesuai yang diajukan. Tapiii ga tau nih efeknya kok kayak berasa seneng-degdegan-ga-sabar-nyekrip-tapi-galau-karena-UTS-belom-kelar-dan senengnya-tuh-berasa-ngeganjel-gitu-kayak-takut-sendiri-sanggupkah-saya-nyekrip? Ah, maaf ga jelas. Pengumuman ini lumayan mengalihkan dunia mahasiswa tingkat 4 di kampus saya dari UTS kami yang …

Lanjutkan membaca Jodoh Tak Mungkin Ketuker : Kisah Cinta Salman Al Farisi

Andalan

Imut

Siang ini, saya makan bakwan Malang bareng Imut. Lokasinya dekat, persis di sebelah pagar sekolah kami. Sekitar 2 minggu yang lalu saya berjanji untuk mentraktirnya. Duh, pemurah sekali. Sifat yang agak langka dimiliki mahasiswa perantauan berhubung kondisi ekonomi yang tau sendirilah. Imut cerita, dia baru saja membuat keputusan yang lumayan mengejutkan saya. Kenapa ? Ya …

Lanjutkan membaca Imut

Andalan

A girl and her Mas

Jadi ceritanya ada acara ulang tahun kampus. Terus dirayakan gitu dong meriah banget. Nah, berhubung mahasiswanya pada kreatif, dibuatlah stand-stand yang menjual beragam makanan Nusantara. Dari Mie Aceh sampe Papeda dijual di sana. Di setiap stand juga ada maskotnya, sepasang mahasiswa-mahasiswi yang didandani pakai baju adat sesuai daerah yang diwakili. Kece abis. Terus ada satu …

Lanjutkan membaca A girl and her Mas

Andalan

Random Talks

Dear Bintang. Terima kasih sudah bersinar terang  di langit Otista. Kau membuat malamku lebih berwarna, tak sekadar berdiam di kamar dan mengetik di tuts keyboard laptopku. Meski bentukmu mirip ketombe yang ada di iklan sampo, aku tetap suka. Aku tetap mengagumimu wahai benda berkelip merah biru. Kau hebat sekali, berusaha menghasilkan energi dengan reaksi nuklirmu …

Lanjutkan membaca Random Talks

Andalan

Tentang Fajar (7) : Serenity

Dear Fajar. Akhir-akhir ini aku merasa sangat sehat. Aku makan lebih banyak dari biasanya, aku berenang ke permukaan lebih sering, sehingga lebih banyak udara segar yang kuhirup. Apa ini hanya perasaanku saja atau memang benar, lautan begitu tenang. Tidak ada ombak yang mengombang-ambing Lautan Kita. Aku bahagia. Apalagi saudara-saudaraku berkunjung dan berkumpul bersama di rumah …

Lanjutkan membaca Tentang Fajar (7) : Serenity

Andalan

Tentang Fajar (6) : Temanmu dan Aku

Hai Fajar. Kemarin aku mengikuti kelas Sosialisasi Antar Ordo. Cuaca hari itu bagus sekali. Teman-temanku berenang bergerombol menuju kelas kami di Karang Tengah. Sayangnya semalam aku kurang tidur karena gelisah memikirkan tugas Adaptasi Dasar. Aku ingin bertanya pada Ayah, tapi beliau sedang pergi bersama Paman Bona untuk musyawarah warga lautan. Entahlah, masalah orang dewasa. Kau …

Lanjutkan membaca Tentang Fajar (6) : Temanmu dan Aku

Andalan

Tentang Fajar (4) : Nasihat Bibi

Dear Fajar. Aku sedang berada di kampung halaman ibu di Karang Selatan. Rasanya menyenangkan sekali rehat dari hiruk pikuk Karang Pusat yang sibuk. Aku berpikir, alangkah bahagianya menjadi warga di sini. Mereka bangun pagi tanpa agenda apa-apa di hari itu. Setelah itu rutinitas harian dimulai. Aku membantu bibiku menyiapkan makan pagi. Setelah itu aku memberi …

Lanjutkan membaca Tentang Fajar (4) : Nasihat Bibi

Andalan

Tentang Fajar (2)

Hai Fajar. Mungkin jika sekarang aku bertemu engkau, aku hanya bisa diam, tersenyum tertahan, menunduk malu-malu, dan berlalu menjauhimu. Padahal aku merindu. Buktinya ada rona merah di pipiku. Hai Fajar. Masih segar di ingatanku. Kau menyapa di siang hari yang hangat, saat aku kerepotan membawa buku teks tebal di halaman lautan kita, hanya untuk bertanya, …

Lanjutkan membaca Tentang Fajar (2)

Andalan

Syukur, Bersyukur

Gak kerasa Ramadhan udah hari ke 14. Saya nengok ke belakang, flasback apa aja yang saya lakukan dari awal Ramadhan sampai sekarang. Rasanya pengen nangis. Ini Ramadhan. Bulannya ibadah. Kenapa masih aja sibuk sama urusan dunia ? Apa yang didapatkan ? Lelah ? Iya. Lillah ? Belum tentu. Ini Ramadhan. Bulannya pintu ampunan dibuka seluas-luasnya. Sudah minta …

Lanjutkan membaca Syukur, Bersyukur

Andalan

Masak-masak Sendiri

Dulu pas tingkat 2 saya rajin masak selama beberapa bulan. Akhirnya saya bosen sama masakan sendiri. Ada masanya saya rindu masakan warteg. Dan akhirnya jadi gak masak lagi. Masak nasi doang, lauknya beli wkwk Seminggu terakhir, saya rutin masak. Niatnya sih ingin masak terus sampai lulus haha. Doakan ya semoga istiqomah. Aamiin Sebenarnya ini gak ada …

Lanjutkan membaca Masak-masak Sendiri

Andalan

Mengenalkan Allah :)

  Beberapa hari yang lalu saya baca salah satu postingannya Mbak Susanti . Di sana banyak link ke ceramahnya Ustadz Hanan Attaki. Ustadz Hanan ini sebenernya terkenal, terutama di Instagram. Saya aja yang telat taunya hehe. Apalagi saya memutuskan buat uninstall Instagram di hape saya. Makin tak taulah. Asyiknya, di Youtube banyak, jadi aksesnya alhamdulillah dimudahkan hehe Di …

Lanjutkan membaca Mengenalkan Allah 🙂

Andalan

Kondangan

Assalamu'alaykum. Haaaaii 🙂 Seminggu yang lalu saya di-pm sama salah satu teman, namanya Indri. Ia mengabarkan tentang pernikahannya yang akan dilaksanakan Sabtu (29/4). Saya lumayan kaget sih soalnya tiba-tiba. Hehe. Emang kalo lagi dalam proses sebaiknya gak usah bilang-bilang dulu pada dunia, takutnya gak jadi. Bilangnya entar aja kalo emang udah fix tinggal nyebar undangan. …

Lanjutkan membaca Kondangan