islami

Di-notice

Jadi, selama pandemi corona ini, kantor saya memberlakukan Work Form Home (WFH) bagi para karyawannya. Saya sebagai manusia yang aslinya introvert dan suka lelah kalau kelamaan ketemu orang, sangat bersyukur dengan adanya kebijakan ini. Bayangin, saya yang harusnya kerja di kantor dari pagi sampe sore, eh malah dihimbau buat #dirumahaja. Siapa yang gak seneng ?… Continue reading Di-notice

keseharian

Ngemsi

Sejak ngantor di daerah, saya sering ditugasi jadi MC acara kantor. Entah itu pelatihan atau sosialisasi. Sebelumnya saya gak nyangka saya bisa di situ. Seinget saya, saya cuma sekali jadi MC di acara baksos angkatan jaman kuliah. Selain itu saya gak pernah jadi MC lagi. Pas latsar CPNS kemarin, saya jadi MC di upacara sipil.… Continue reading Ngemsi

cecintaan, tentang kaimana

Selepas Kau Pergi

Ada lelaki yang kukenal. Begitu sulit ia jatuh cinta. Padahal umurnya sudah lanjut. Kata kami, sudah waktunya ia menikah. Sudah terlalu matang. Namun ia belum jua terlihat menjatuhkan hati pada satu wanita, selepas sang kekasih pergi. Kekasihnya? Bolehkah kusebut begitu? Kekasihnya adalah wanita single satu-satunya yang mengisi dunia kami saat itu. Mungkin rasa itu sudah… Continue reading Selepas Kau Pergi

cecintaan

An Happy Marriage

Sekali dua saya berpikir tentang pernikahan, hal yang dilakukan oleh sebagian besar manusia di Bumi. Orang-orang menikah, membentuk "keluarga baru", dimulai dari dua orang, lalu menjadi tiga, empat, atau lima. Manis sekali. Saya juga ingin. Tapi saya tahu, belum waktunya. Pernikahan itu sesuatu yang besar untuk saya. Yang perlu dipersiapkan bukan sehari dua hari. Saya… Continue reading An Happy Marriage

tentang kaimana

Tentang Kaimana (2) : Arti Penempatan Buat Saya

Malam ini rasanya saya cukup melankolis. Entah karena bentar lagi mau mudik lebaran atau gimana, saya merasa banyak sekali hal yang saya rindukan. Tadi saya nelpon rumah dan bilang sama orang tua, saya kangen makan nasi padang di warung padang dekat rumah. Alasannya simpel, semua warung padang yang biasa saya kunjungi di Kaimana pada tutup,… Continue reading Tentang Kaimana (2) : Arti Penempatan Buat Saya

cecintaan

Cinta Sampai Akhir Masa

Bagaimana bisa, cinta yang dulu kalian banggakan, bisa pudar seiring waktu? Tak ingatkah kalian bagaimana dulu kalian memperjuangkan cinta itu? Bagaimana bisa berkurang seiring waktu? Aku belum pernah menjalaninya. Tapi yang kutau, cinta itu harus dipupuk, dijaga agar awet. Teorinya sih begitu. Prakteknya? Ya lakukan saja. Dijaga agar bahagia sampai tua. Aku sayang kalian. Bahagia… Continue reading Cinta Sampai Akhir Masa

temanku

Kepada Merah.

Hola. Assalamu'alaikum. Hari ini adalah hari kedua saya ngantor secara resmi. Saya senang ada di kantor ini. Stafnya baik-baik, muda-muda, jadi asik banget karena ngobrolnya nyambung. Hihihi. Hiii kayak kunti. Oek. Saya mau cerita tentang teman saya bernama Merah. Ini bukan nama sebenarnya. Merah adalah orang kedua yang saya hubungi sebelum saya pindah. Merah adalah… Continue reading Kepada Merah.

temanku

Hari Pernikahan

Setelah melewati proses yang lumayan panjang, sempat menyerah, lalu bangkit lagi, akhirnya surat itu tiba. Kabar yang menjawab rasa penasaranku, tentang akhir kisahmu. Dia yang begitu kau puja, kau sayang, sempat kau kecewakan sebegitu dalamnya. Lalu dia pergi. Dan kalian tak bertemu lagi. Tapi jika kata Allah kalian jodoh, kau bisa apa ? Ada saja… Continue reading Hari Pernikahan

sajak

To the brightest one (2)

kepada yang paling terangyang datang di kala siangHalo :)lama tak berjumpasemoga kau sehat bahagiahadirmu hangatkan hatikudan ceriakan akusampai malam menjelanglalu ku tidur dengan tenangkemarin kau ada di sisikuberjalan di sampingkubersamakulalu kita berbincang panjangramai bersama kawankepada yang paling terangmengapa rasanya sesaksaat ku ingat akan pergidan waktu yang tersisa tinggal sedikitmengapa baru berhargasaat akan terlepasdari hari-haridan masa… Continue reading To the brightest one (2)

keluarga

Suemi

Ini cerita tentang seorang perempuan. Namanya memang cuma beda satu huruf dengan peran yang biasanya dijalankan laki-laki, tapi itulah istimewanya. Ia anak pertama dalam keluarga, menjadikannya tempat berkeluh kesah dan bercerita oleh adik-adiknya. Semua masalah dalam keluarga ia tau, karena ia sering diajak cerita oleh ibunya, atau ayahnya, untuk dimintai pendapat. Aku mengenalnya sepanjang umurku,… Continue reading Suemi

keseharian

Ekspektasi vs Realita Akhi-Akhi

Manusia belajar sesuai pola. Kayak machine learning, yang diterangkan dosen di kelas Data Mining, kita berpikir berdasarkan pengalaman dan proses belajar dari lingkungan. Dosen Psikologi saya juga pernah cerita tentang stereotip, tentang persepsi seseorang terhadap anggota kelompok tertentu. Stereotip ini juga dipelajari dari lingkungan. Akibatnya, kita kayak punya label gitu loh, terutama terhadap manusia lain. Kita… Continue reading Ekspektasi vs Realita Akhi-Akhi

keluarga

Curhat Wanita Pekerja :D

Beberapa bulan terakhir, saya mulai ngantor. Pergi pagi-pagi betul, pulangnya udah mau maghrib. Bahkan kalo ada rapat di luar jam kantor, jam setengah sembilan saya baru nyampe rumah. Jujur, saya capek dengan rutinitas itu. Mungkin tepatnya, saya kaget dan masih selalu berusaha menyesuaikan diri setiap harinya. Kerjaan rumah tangga, jadi agak sedikit berantakan. Saya berharap… Continue reading Curhat Wanita Pekerja 😀

keseharian

Being an ENFP

Hola ! Beberapa waktu lalu saya nonton video di channelnya Sacha, dan dia ngebahas soal tes kepribadian ala Mayer Briggs. Akhirnya saya tertarik buat ikutin tesnya. Dan hasilnya, saya ENFP. Muehehehe Hmm Hmm Hmm Saya lalu membaca-baca tentang ENFP, dan semuanya seputar ENFP saya baca, saya googling, dan saya pahami pelan-pelan. Ternyata kayaknya bener saya ENFP.… Continue reading Being an ENFP

cecintaan

Dre

Dreanak baik ibukpintarbaikshalihsempurnapulanglah nak, ibuk menunggumuDreteman terbaiktersabartapi itu dulusekarang aku sungkan mau nyapaDre, mau gak, jadi temanku lagi?bagaimana bisa menjadi dewasa ada batasnya?Dre dan aku, Dre dan aku, Dre dan akuberjarak karena kami menualalu ku sadar, ketenanganku terusikDre, jika kamu baca iniku mau bilangmaaf pernah nyuekin kamu.Aku cuma malu.

cecintaan

“Mbak, calonnya mana?”

Umur saya 22. Tahun ini, kalau umur panjang, insyaAllah 23. Saya baru lulus, September 2018. Entah mengapa, saya mulai sering ditanya, terutama kalau lagi kumpul keluarga. "Mbak, calonnya mana?" dan pertanyaan sejenis. Ya gak saya bawalah wkwk. Masa saya ke Jawa atau ke Sorong bawa calon. Entar pada nanya lagi. "Nduk, iki sopo?" kan repot.… Continue reading “Mbak, calonnya mana?”

sajak

Aku Ada

oleh Dewi Lestari dan Arina Mocca (Rectoverso) Melukiskanmu saat senjamemanggil namamu ke ujung duniatiada yang lebih pilu, tiada yang menjawabkuselain hatiku dan ombak berderuDi pantai ini kau selalu sendiritak ada jejakku di sisimunamun saat ku tiba, suaraku memanggilmuakulah lautan ke mana kau selalu pulangJingga di bahuku, malam di depankudan bulan siaga, sinari langkahkuku terus berjalan,… Continue reading Aku Ada

keseharian

Pengetahuan untuk Para Cowok tentang Menstruasi

Halo semuaaa ~ Semoga sehat selalu.  Kali ini, saya mau ngomongin soal menstruasi. Saya mikir, ini blog penulisnya cewek, tapi gak pernah ngebahas masalah kewanitaan. Kayaknya gak masalah sih kalo sekali-kali ngomongin ini. Kalo yang baca tulisan ini cewek, ya semoga kalian kuat ya menghadapi aktivitas rutin setiap bulan ituh. Stay strong, girls ! Kalo… Continue reading Pengetahuan untuk Para Cowok tentang Menstruasi

keseharian

Tentang Tulisan yang Tertunda

Jadi gini, mulanya saya gak mau nulis tentang ini, tapi tentang yang lain. Berhubung tulisan itu saya pending karena entahlah kenapa, sulit rasanya untuk memulai lagi. Kayak udah hilang feeling nya. Nggak, saya gak ilfil sama tulisan sendiri. Saya kesel karena nunda nulis yang menyebabkan "rasa" itu hilang. Definisi rasa adalah keinginan, bahkan kisah yang… Continue reading Tentang Tulisan yang Tertunda

cecintaan

Bagaimana cara mengungkapkan cinta?

Tulisan ini terinspirasi story Whatsapp teman saya yang terbaca pukul 01.15 dini hari, saat kereta yang saya tumpangi sedang melaju kencang dari Purwokerto ke Cirebon. Saya yang terbangun karena panggilan alam lantas mengecek ponsel yang sejak Isya saya matikan untuk dicharge. Saya lupa isi storynya gimana. Pokoknya ada jepang-jepangnya gitu. Inti dari story itu adalah… Continue reading Bagaimana cara mengungkapkan cinta?

temanku

Butamtik dan Aku

Ini cerita tentang seseorang yang tak kutahu namanya siapa. Kenapa ? Kau mau protes ? Terserah aku lah mau cerita tentang siapa. Sudah, jangan marah padaku. Nanti aku tak mau cerita lho. Aduh, kenapa aku malah marah-marah begini sih? Jadi begini. Aku pertama kali bertemu dia, saat kami hendak mencegat angkot. Kami sama-sama baru pulang.… Continue reading Butamtik dan Aku

jalan-jalan

Kisah Soto Betawi + Ruang Baca Kecintaankuh

Selain masakan rumah, saya punya makanan favorit yang baru. Namanya soto betawi. Saya mulai suka makanan ini sejak pindah ke Jakarta. Ya iyalah, dari dunia mana lagi soto betawi berasal? Asli. Itu enak banget. Kuahnya tuh agak kental pake santan. Rasanya tuh asli sedep banget sih. Seger gitu loh. Gurih, tapi agak manis. Bikin nagih.… Continue reading Kisah Soto Betawi + Ruang Baca Kecintaankuh

renungan

Dialog Hati.

Ini tentang seorang perempuan, yang senang berlari. Berlari, dalam arti sebenarnya. Ia pernah bercita-cita menjadi atlet, namun tidak terlalu ditekuninya. Sayang sekali. Padahal ia bisa lebih berusaha. Siapa tahu takdirnya memang jadi atlet ? Hmm, bisa jadi. Tapi ujung-ujungnya dia menjadi mahasiswa biasa. Terlalu biasa. Dengan hidup yang menurutnya kurang berwarna. Ah, salah sendiri yang… Continue reading Dialog Hati.

renungan

Proud of You !

Kamu yang sekarang mampu berdiri tegak, punya segalanya, tidak kekurangan suatu hal, adalah kamu yang pernah mengalami saat-saat menyedihkan di masa lalu. Kamu yang sekarang sanggup berbahagia, adalah kamu yang dulu pernah menangis karena merasa tidak dicintai oleh dia yang penting bagimu. Kamu yang kini bisa berjuang untuk hidupmu, adalah kamu yang pernah dikecewakan, merasa… Continue reading Proud of You !

keseharian

Bukan Jodoh.

Bukan soal jodoh, yang sekarang memenuhi kepalaku. Tapi perkara kelulusanku, seminar, sidang skripsi, dan ujian akhir semester. Aku mampu melewati semua ini, dengan kekuatan dari Tuhanku. Juga dukungan dari teman-temanku, orang tuaku, dosen pembimbingku, adikku, dan orang-orang baik hati yang mau mendoakanku dengan tulus. Terima kasih, sungguh kebaikan-kebaikan itu kelak akan kembali pada yang melakukan.… Continue reading Bukan Jodoh.

temanku

Untukmu yang Selalu Optimis

Sayangku, Aku masih menyimpan kenangan tentangmu di otakku. Hari itu, kala matahari naik sepenggalah, aku duduk berdampingan denganmu di sebuah ruang kelas. Entah apa yang kita obrolkan, aku tidak ingat. Mungkin basa-basi belaka. Yang kutahu kamu tak berhenti tersenyum, selalu memandang dari sisi terbaik. Husnudzon. Ah kamu. Terima kasih sudah mengajariku untuk sabar. Sayangku, Kamu… Continue reading Untukmu yang Selalu Optimis

keseharian

Teflon Ibuk

Waktu saya pindah kontrakan sekitar 6 bulan yang lalu, Ibuk saya datang berkunjung, sekalian ngabisin libur akhir tahun di Jakarta. Alhamdulillah gak terlalu banyak hal yang dikomentari sama Ibuk terkait rumah yang saya tempati. Ya iyalah, orang sebelum beliau dateng saya sudah rempong masak dan bersih-bersih. Yang namanya ibuk-ibuk pasti akan selalu memastikan anaknya berada… Continue reading Teflon Ibuk

renungan

Galau (1)

Kemarin hari Jumat. Hari favorit saya dalam seminggu. Kenapa ? Soalnya besok libur, haha. Soalnya hari Jumat biasanya pulang cepet. Soalnya hari Jumat biasanya jarang kuliah. Soalnya hari Jumat istimewa. Kaum muslimin dianjurkan baca al Kahfi supaya bercahaya sampai Jumat depan. Lalu Jumat depannya baca al Kahfi lagi. Jadilah kaum muslimin bercahaya terus-menerus. Banyak berdoa… Continue reading Galau (1)

keseharian

Random Talks

Dear Bintang. Terima kasih sudah bersinar terang  di langit Otista. Kau membuat malamku lebih berwarna, tak sekadar berdiam di kamar dan mengetik di tuts keyboard laptopku. Meski bentukmu mirip ketombe yang ada di iklan sampo, aku tetap suka. Aku tetap mengagumimu wahai benda berkelip merah biru. Kau hebat sekali, berusaha menghasilkan energi dengan reaksi nuklirmu… Continue reading Random Talks

cecintaan

Jangan Ungkapkan Cintamu !

Seorang kawan curhat sama saya. Katanya ada teman SMA-nya yang mendekati dan menyatakan cinta. Kawan saya galau. Ternyata benih-benih cinta masa SMA itu masih ada, dan setelah pendekatan sekian lama rasanya benih-benih itu akan tumbuh menjadi bunga cinta yang mekar. Padahal kami sedang dalam masa transisi, dari anak sekolahan menjadi anak kuliahan, dari remaja pecicilan… Continue reading Jangan Ungkapkan Cintamu !