Hati yang Berbeda

Dia, yang dulu kau cinta sebegitu menggebu-gebunya, apakah sekarang perasaan itu masih sama? Dia, yang dulu kau jauhi karena bagimu beda, apa sekarang kau masih menjauhinya ? Rasanya perasaan itu tak lagi sama. Rasa cintamu, yang bahkan sanggup membuatmu menangis karena rindu, karena ingin bertemu, tak seperti dulu. Mengapa begitu ? Hanya kau yang tau, [...]

Iklan

Sang Pemburu Pagi

Ini kisah Sang Pemburu Pagi. Apakah namanya memang begitu? Tentu tidak. Itu adalah gelar yang kuberikan padanya. Bagus kan ? Kali ini aku ingin menceritakan kisahnya padamu. Untuk memudahkan penyebutan, mari kita panggil dia dengan Anak Pagi. Kepanjangan ? Tak apalah. Biar dia senang. Anak Pagi adalah temanku. Dia tampak rapuh, tapi ternyata kuat sekali. [...]

Dialog Hati.

Ini tentang seorang perempuan, yang senang berlari. Berlari, dalam arti sebenarnya. Ia pernah bercita-cita menjadi atlet, namun tidak terlalu ditekuninya. Sayang sekali. Padahal ia bisa lebih berusaha. Siapa tahu takdirnya memang jadi atlet ? Hmm, bisa jadi. Tapi ujung-ujungnya dia menjadi mahasiswa biasa. Terlalu biasa. Dengan hidup yang menurutnya kurang berwarna. Ah, salah sendiri yang [...]

Proud of You !

Kamu yang sekarang mampu berdiri tegak, punya segalanya, tidak kekurangan suatu hal, adalah kamu yang pernah mengalami saat-saat menyedihkan di masa lalu. Kamu yang sekarang sanggup berbahagia, adalah kamu yang dulu pernah menangis karena merasa tidak dicintai oleh dia yang penting bagimu. Kamu yang kini bisa berjuang untuk hidupmu, adalah kamu yang pernah dikecewakan, merasa [...]

We’re Growing Up.

Sekarang saya lagi kuliah semester 8. Berhubung lebaran ini saya pulang, saya menyempatkan diri ketemu teman-teman saya jaman sekolah dulu. Saya sendiri punya tiga orang sahabat dekat dari SMP sampai sekarang. Meski kuliah beda kota, kalo kebetulan lagi pada mudik, ya ngumpul dong. Teman-teman SMA saya juga kemarin main ke rumah pas lebaran. Saya liatin [...]

Bukan Jodoh.

Bukan soal jodoh, yang sekarang memenuhi kepalaku. Tapi perkara kelulusanku, seminar, sidang skripsi, dan ujian akhir semester. Aku mampu melewati semua ini, dengan kekuatan dari Tuhanku. Juga dukungan dari teman-temanku, orang tuaku, dosen pembimbingku, adikku, dan orang-orang baik hati yang mau mendoakanku dengan tulus. Terima kasih, sungguh kebaikan-kebaikan itu kelak akan kembali pada yang melakukan. [...]

Ijinkan aku memelukmu.

Rasanya baru kemarin dirimu kupeluk. Tapi dekapanku dingin. Tanpa ikhlas dan rasa sayang. Pelukmu pun begitu, tak terasa menghangatkanku. Kita hanya bersikap yang seharusnya. Mau berpisah, ya pamitan, pelukan. Sejujurnya aku ingin menuntutmu. Selama bersamaku, hidup denganku, tak kurasa cintamu. Pun aku begitu. Karena sudah terbiasa "jauh", rasanya berat bagiku baik padamu, bersenda gurau denganmu, [...]

Lebaran 2018 (1439H)

Lebaran ini adalah kali kedua saya pulang dalam empat tahun terakhir. Begitu banyak yang saya rasakan, sampai saya bingung dari mana harus mulai bercerita. Saya senang bisa pulang, melihat rumah saya. Saya terheran melihat kota kelahiran saya sudah banyak berubah. Ada beberapa hotel baru dibangun. Ada reklamasi teluk. Ada cafe-cafe baru, membuat gaya hidup kaum [...]

Jumat, 18 Mei 2018

Hari ini rasanya panjang sekali. Aku memulai pagi dengan kondisi tidak begitu baik. Lalu sang fajar datang, dan makan minum berhentilah. Aku meninggalkan rumah saat mentari naik sepenggalah. Dimulai dari yang dekat, lalu sedang, lalu jauh. Begitu Tuhan memperjalankan aku. Entah aku tak tahu rencanaNya, seringkali aku diperjalankan di waktu Jumat. Bukankah itu hari yang [...]

Tentang Mengabadi

Salah satu sifat Allah adalah kekal. Tidak ada lagi yang bersifat seperti itu di seluruh jagat raya. Semua makhluk akan mati. Bumi yang indah dengan pantai dan mataharinya akan diganti dengan Bumi yang lain. Bahkan gunung yang tegak dan kokoh, akan beterbangan bagai kapas. Langit yang selama ini menaungi kita akan runtuh. Tidak ada yang [...]

Wanita-Wanita Surga

Baru-baru ini, teman saya berpulang. Saya lumayan kaget, karena beliau baru saja lulus kuliah dan mulai bekerja. Yang saya ingat, orangnya baik, senyum terus, gak pernah ngeluh. Setahu saya, beliau belum menikah. Duh, baik banget orangnya. Tipikal anak sayang keluarga gitu. Ternyata, menurut Allah, usianya cukup segini di dunia. Saya jadi mengingat kembali deretan wanita-wanita [...]

Untukmu yang Selalu Optimis

Sayangku, Aku masih menyimpan kenangan tentangmu di otakku. Hari itu, kala matahari naik sepenggalah, aku duduk berdampingan denganmu di sebuah ruang kelas. Entah apa yang kita obrolkan, aku tidak ingat. Mungkin basa-basi belaka. Yang kutahu kamu tak berhenti tersenyum, selalu memandang dari sisi terbaik. Husnudzon. Ah kamu. Terima kasih sudah mengajariku untuk sabar. Sayangku, Kamu [...]

Teflon Ibuk

Waktu saya pindah kontrakan sekitar 6 bulan yang lalu, Ibuk saya datang berkunjung, sekalian ngabisin libur akhir tahun di Jakarta. Alhamdulillah gak terlalu banyak hal yang dikomentari sama Ibuk terkait rumah yang saya tempati. Ya iyalah, orang sebelum beliau dateng saya sudah rempong masak dan bersih-bersih. Yang namanya ibuk-ibuk pasti akan selalu memastikan anaknya berada [...]

Galau (1)

Kemarin hari Jumat. Hari favorit saya dalam seminggu. Kenapa ? Soalnya besok libur, haha. Soalnya hari Jumat biasanya pulang cepet. Soalnya hari Jumat biasanya jarang kuliah. Soalnya hari Jumat istimewa. Kaum muslimin dianjurkan baca al Kahfi supaya bercahaya sampai Jumat depan. Lalu Jumat depannya baca al Kahfi lagi. Jadilah kaum muslimin bercahaya terus-menerus. Banyak berdoa [...]

Perlukah Naksir Diceritakan ?

Assalamu'alaikum. Gatau ya kenapa hari ini saya kangen banget sama blog ini. Saking lamanya berkutat dengan skripsi, saya jadi enggan nge-blog. Saya jadi worry dan gelisah sendiri, ngegalauin skripsi saya yang belum selesai ditulis. Padahal kan, semua ada jatahnya. Buat nyekrip, buat nge-blog, sebenernya dua-duanya bisa dikerjakan. Cuma, ya gitulah. Dua hari lalu saya baru kelar [...]

Tentang Puisi Tausiyah Cinta

Sebagai seorang pecinta puisi yang gak terlalu suka bikin puisi, saya senang membaca kata-kata cantik bermakna dalam. Pikir saya, ya Allah keren banget penulisnya bisa buat kata-kata seindah itu. Beberapa hari lalu, pas nge-scroll galeri hape dan melihat foto-foto lama, saya menemukan skrinsyut-an dari instagram, tepatnya dari akun @saridezra, komikus itu. Beliau menggambar poster film Tausiyah [...]

Kata Umar yang Menginspirasiku

Dia Umar. Lelaki yang hebat, kuat, dan perkasa. Dia Singa Padang Pasir. Hampir semua penduduk Mekkah segan padanya. Lelaki yang mulanya sangat membenci Sang Pembawa Risalah, bahkan hendak membunuhnya. Lelaki yang beruntung, Allah memilihnya, mengaruniakan hidayah di hatinya yang keras. Lelaki yang berubah, menjadi jauh lebih lembut, dengan Islam di hatinya, menyatu di jiwa raganya. [...]

Kamu Cantik, Meski Tanpa Make Up !

Halo, para jomblo sejagat raya. Assalamu'alaikum. Semoga malam Seninnya produktif dan jangan lupa nelpon rumah. Kali ini saya mau ngomongin make up, benda yang lumayan identik dengan wanita dan pria berprofesi khusus. Karena keterbatasan minat, tulisan ini hanya membahas make up untuk para wanita saja. Wanita dan make up. Bisakah mereka berpisah ? Kalo kata [...]

Tentang Milea

Ah, kenapa baru kutulis sekarang ya Gusti. Di saat kebaperan soal Dilan sudah reda dan netizen yang galak sudah sebel setengah mati lantaran Milea lagi jalan sama Kang Adi(pati), saya masih aja ngebahas ini. Ya udah lah, ya, udah kadung janji. Musti ditepati dooooong 😀 Btw, ternyata benar apa kata kak Fadel, skripsi membuat seolah [...]

Doa Cinta

Tuhanku, hambamu memohon ampun Tuhanku, bantu hamba menjadikanMu satu-satunya pemilik singgasana tertinggi di jiwa Tuhanku, hamba mohon ampun Tuhanku, jangan jadikan hamba cinta dengan sesuatu yang menjadikan hamba lupa mencintaimu. bantu hamba cinta dengan sesuatu yang mengingatkan hamba padaMu. Tuhanku, hamba cinta Engkau. Kekalkan cinta ini ya Rabbi.

Tak Melulu Soal <3

Jadi gini, kalo misal kita baca postingan seseorang yang kayaknya dalem banget gitu, pasti bawaannya baper dan menerka-nerka lalu mengambil kesimpulan sendiri dan bilang, hmm itu pasti soal <3. Padahal belom tentu loh. Apalagi orangnya katakanlah udah dewasa nih, ya, yang gak mungkin lah semudah itu bilang ❤ ke orang, kecuali mungkin ke pasangan sahnya. [...]

Aslinya !

Internet dengan media sosialnya telah sukses membuat seorang manusia memiliki kepribadian ganda. Tak percaya ? Pernah gak sih punya teman yang kalo di-chat cuek abis, udah ngetik panjang-panjang cuma dibales "iya" tapi ternyata orangnya cerewet banget ? Atau orang yang di-instagramnya kelihatan waaaaah gaul amat nongkrong di tempat hits melulu tapi pas ketemu ternyata pendiem? [...]

Untuk Sang Puteri

Yang Mulia, Hamba hanya rakyat jelata Satu di antara mereka yang putih tidak memihak Yang Mulia, Rakyatmu kian pandai Memandang lagi bertutur Bekerja lagi mengatur Oleh karena Yang Mulia, Teguhkan hati paduka Lapangkan dan berbesarlah Sabar dan pahamilah Tiada lain rakyat ingin negeri yang makmur Yang Mulia, Kami ingin paduka senantiasa elok Tak hanya rupa [...]

Titah Paduka

ini tentang seorang kisana bukan temanku, kenal pun tidak tapi dia pergi, pergi. aku sudah bilang jangan siapa aku baginya? tiada ku didengar. dia pergi tak turut titah paduka dia tak hendak menjadi abdi kudengar ingin jadi biksu atau guru? semoga kemuliaan menyertainya.  

Tentang Rindu

suatu malam kutelepon nenekku ia sedang menonton kuis di tv sambil membersihkan tauge untuk soto ayam kutanya kabar nenekku lalu rumahku lalu tetanggaku lalu pamanku lalu keponakanku lalu sepupuku lalu ayamku lalu kenalan yang sering lewat depan rumahku dan banyak lagi lalu mendadak aku ingin makan masakan nenekku dan dipijat nenekku dan diomeli nenekku lalu [...]

Tentang Dilan

Assalamu'alaikum. Sejak menamatkan buku Dilan 1990 dan Dilan 1991, saya jadi patah hati. Saya sebel, Dilan yang begitu menarik di buku satu, jadi bandel gak ketulungan di buku dua. Kisah cinta yang berhasil bikin baper seantero negeri ini harus kandas, cuma karena emosi sesaat ABG labil. Kesel saya. Gregetan. Kok putus sih ? Eh, bukan [...]

Tersentak.

Kusadari akhirnya Kerapuhan imanku Telah membawa jiwa dan ragaku Ke dalam dunia yang tak tentu arah   Kusadari akhirnya Kau tiada duanya Tempat memohon beraneka pinta Tempat berlindung dari segala mara bahaya   Oh Tuhan, mohon ampun Atas dosa dan dosa selama ini Aku tak menjalankan perintah-Mu Tak perdulikan nama-Mu Tenggelam melupakan diri-Mu   Oh [...]

Ketika Saya Berusaha Bikin Puisi

Aku masih menyimpanmu dalam memoriku,  Tatapanmu,  Senyummu,  Ah dalam sekali Aku yakin kau cinta aku ! Ya ampun saya nulis apa ini ? Lanjut.... Saat itu hari Selasa Kamu cantik Banyak bunga di gaunmu. Gak puitis sama sekali ahaha Kau berjalan ke warung sushi Lalu bingung karena harus pilih sendiri Boleh aku saja yang pilih [...]

Membangun Tembok, Lalu Diruntuhkan Lagi ? Jangan dong !

Assalamu'alaikum. Hola ! Selamat bermalam Minggu 🙂 Berawal dari postingan seorang teman di status Whatsapp-nya, tuh anak emang hobi nulis status panjang banget. Tapi tumben diri ini tergerak untuk membaca wkwk biasanya enggak. She was writing about wall. Iyes, tembok. Eh tembok apa dulu nih ? Tembok diri dung. Apa pula itu ? Jadi begini. [...]

Why did you so lazy ?

Akhir-akhir ini saya galau. Saya merasa kurang produktif. Padahal saya kudu menggarap bab 2, belajar kompre, dan persiapan UAS. Ah banyak betul yang musti saya selesaikan. Belom lagi rutinitas harian kayak masak dan bersih-bersih, agenda seminggu sekali, dan seminggu dua kali. Ya ampun ternyata saya sibuk bener. Tapi kenapa saya malas sekali. Kenapaaa? Kenapa saya [...]

Beberapa hal yang ternyata pernah saya catat tapi lupa.

Hukum asal amal shalih itu lebih baik disembunyikan, kecuali yang ga bisa disembunyikan. Misal : kalo para cowok sholat jamaah di masjid, masa iya kudu ngumpet hehe Sesungguhnya Allah melihat hati hamba-hamba-Nya. Salah satu manfaat mempelajari shiroh Nabawiyah adalah membantu memahami kitabullah, Al Quranul karim. Kita jadi tau asbabun nuzul (sebab turunnya) ayat tertentu. Dunia [...]

Aku dan Perpustakaan

Dua tahun terakhir, aku dan perpustakaan bagaikan dua orang yang tidak saling kenal. Aku tahu dia ada, dia tahu aku ada. Kami sama-sama tahu bahwa satu sama lain ada di Bumi ini, tapi kami tak pernah saling menyapa. Yang aku tahu, perpustakaan adalah tempat yang dingin, penuh dengan kursi-kursi berjejer yang kadang tidak rapi, normalnya [...]

Sebiru Langit Jakarta : Nulis tentang Nikah Muda

Saya gatel berapa hari ini pengen nulis tentang nikah muda, gara-gara kasus yang lagi booming banget akhir-akhir ini. Sebenernya sih saya agak ragu mau nulis beginian, masalahnya saya belom ngalamin sendiri kan. Tapi berhubung ada temen saya yang ngalamin hal serupa, rasanya gak enak mikirin sesuatu tanpa dituliskan. Yaudahlah ya, ditulis aja, dari pada dipendem kayak [...]

Why ?

pagi ini saya bertanya. kenapa ? kenapa baru sekarang? setelah saya mencoba lupa, dan sekarang terpaksa ingat lagi. kenapa ini terjadi berulang. saat saya mau lupa, justru tanpa sadar kamu berenang di sekitar saya, dan akhirnya kita berpapasan. saya telalu takut berdoa supaya kamu pergi saja, tidak bermain-main dalam pikiran saya. saya takut tuhan mengabulkan [...]

Terkenal di Langit (2) : Kisah Uwais Al Qarni

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh Haaaai semua. Gimana kabarnya ? Semoga selalu ingat Allah di mana pun berada. Alhamdulillah saya sehat, baru kelar UTS, dan lagi mikir dari manakah saya mulai menulis skripsi ? Sebenarnya rasa malas itu ada saat kita 'memulai'. Pas udah dikerjain, masa iya gak selesai. Hehe. Jadi kesimpulannya, jangan malas untuk memulai. Dari [...]

Jodoh Tak Mungkin Ketuker : Kisah Cinta Salman Al Farisi

Assalamu'alaikum teman-teman tercinta. Haaaaaaaiii. Gimana kabarnya ? Semoga bahagia selalu. Saya lagi UTS dan baruuuuuu aja pengumuman dosen pembimbing skripsi nongol. Alhamdulillah dapet sesuai yang diajukan. Tapiii ga tau nih efeknya kok kayak berasa seneng-degdegan-ga-sabar-nyekrip-tapi-galau-karena-UTS-belom-kelar-dan senengnya-tuh-berasa-ngeganjel-gitu-kayak-takut-sendiri-sanggupkah-saya-nyekrip? Ah, maaf ga jelas. Pengumuman ini lumayan mengalihkan dunia mahasiswa tingkat 4 di kampus saya dari UTS kami yang [...]

Kevin dan Adek

"Lut, tau Miss Internasional gak ?" tanya saya pada adik di suatu malam. "Oh, si Kevin?" Lutfi, adik saya menyahut. "Iyaaaa." "Kenapa emang ?" "Dia umuran aku, loh. Kelahiran '96," kata saya. "Terus?" "Ya, keren aja, dapet Miss Internasional." "Tapi kan dia gak bisa Kalkulus," jawab adik saya santai, "kamu bisa." "Ahahaha," saya ngakak, gak [...]

Imut

Siang ini, saya makan bakwan Malang bareng Imut. Lokasinya dekat, persis di sebelah pagar sekolah kami. Sekitar 2 minggu yang lalu saya berjanji untuk mentraktirnya. Duh, pemurah sekali. Sifat yang agak langka dimiliki mahasiswa perantauan berhubung kondisi ekonomi yang tau sendirilah. Imut cerita, dia baru saja membuat keputusan yang lumayan mengejutkan saya. Kenapa ? Ya [...]

Memaafkan.

Assalamu'alaikum. Tadi sore hujan, dan saya baper pengen nulis setelah sekian lama gak curhat di sini. Bagaimana kabar yang lagi baca tulisan ini ? Semoga sehat lahir batin, aamiin. Alhamdulillah saya sehat, lagi lumayan lega karena proposal skr*ps* saya sudah dikumpulkan, dan dua minggu lagi pengumuman dosen pembimbing dari jurusan. Iya saya tau, ini baru [...]

Tua

Assalamu'alaykum Gak nyangka, saya udah tingkat 4. Tau-tau libur panjang semester 6 berakhir, dan semester 7 datanglah. MasyaAllah, ternyata saya udah gede (baca: tua). Bapak saya pas telpon dan menyadari kalo saya udah tua juga bilang, "kok kamu udah tua ya, Mbak?" Oke pak, I know. Berarti bapak lebih sepuh juga dooong. Yaampun. Semoga masih [...]

A girl and her Mas

Jadi ceritanya ada acara ulang tahun kampus. Terus dirayakan gitu dong meriah banget. Nah, berhubung mahasiswanya pada kreatif, dibuatlah stand-stand yang menjual beragam makanan Nusantara. Dari Mie Aceh sampe Papeda dijual di sana. Di setiap stand juga ada maskotnya, sepasang mahasiswa-mahasiswi yang didandani pakai baju adat sesuai daerah yang diwakili. Kece abis. Terus ada satu [...]