Kamu Cantik, Meski Tanpa Make Up !

Halo, para jomblo sejagat raya. Assalamu’alaikum. Semoga malam Seninnya produktif dan jangan lupa nelpon rumah.

Kali ini saya mau ngomongin make up, benda yang lumayan identik dengan wanita dan pria berprofesi khusus. Karena keterbatasan minat, tulisan ini hanya membahas make up untuk para wanita saja.

Wanita dan make up. Bisakah mereka berpisah ? Kalo kata saya sih enggak. Kecuali ada situasi tertentu yang menyebabkan wanita tak bisa memakainya. Misal :

  • telat bangun, ga sempat dandan;
  • mukanya lagi bermasalah, jadi ga bisa pake make up;
  • kehabisan bedak; #kayaknya ini kasusnya satu banding sejuta
  • dilarang pakai make up oleh sekolah or kantor;
  • males dandan, gamau ribet;
  • ga bisa dandan.

Di luar situasi itu semua, wanita pasti pakai make up kalo keluar rumah. Minimal bedak lah, ama gincu tipis-tipis biar dikata effortless beauty, ehe. Kalo di rumah pake make up juga ga sih ? Para jomblo sih enggak. Gatau ya buat yang sudah bersuami.

Kenapa sih wanita suka make-up-an ?

Kayaknya bawaan alamiah bahwa wanita itu senang keindahan. Mereka, maksudnya kami, ga sreg ngeliat muka kucel tak bercahaya dengan bekas jerawat di jidat. Apalagi mau ketemu orang, masa iya ga bedakan dikit ?

Pengen nyalahin media yang nampilin iklan dengan model wanita cantik-putih-langsing, tapi mau gimana lagi, emang standar kecantikan di dunia secara umum lagi begitu. Di dunia nyata nih, wanita kayak bintang iklan itu jumlahnya ga banyak. Ya iyalah, kalo banyak ngapain jadi model iklan? Iklan di tipi, yutub, pasti nampilin wanita dengan kecantikan di atas rata-rata biar yang nonton pada pengen cantik kayak dia dan beli produknya, gitu.

Adakah wanita di dunia ini yang ga suka dandan ?

Ada, kok 🙂

Kamu bukan ? 😀

Well, sebenernya dandan itu ribet. Mukanya satu, tapi alat dan produk make up-nya banyak banget. Mari kita rinci satu per satu.

  1. Alis. Gak semua wanita dikaruniai alis yang kece. Ada yang tipis banget sampe nyaris botak. Nah, alis kayak gini nih yang musti ditolong biar nampak punya alis. Bisa disisir atau dikasih warna dikit, yg penting gak heboh dan berlebihan. Produknya antara lain : brow gel, brow mascara, brow powder, dan yang paling mainstream pensil alis. Tapi para wanita, ingatlah. Jangan cukur alis kalian. Itu ga boleh ya sama Allah. Lagian ngapain dicukur lalu digambar lagi ? Penjelasannya di sini.
  2. Eye shadow, gunanya buat mewarnai kelopak mata.
  3. Eye liner, untuk mempertegas garis mata. Jadi garis matanya digambar. Jenisnya ada yang cair gitu, jadi ada kuasnya. Ada yang pensil, ada yang kayak spidol.
  4. Primer, dipake sebelum menggunakan make up apa pun di wajah. Kata para beauty vlogger, memakai primer dapat membuat make up lebih mudah nempel, mudah diratakan, dan tahan lama.
  5. Foundation, alias alas bedak. Gunanya dapat membuat warna kulit lebih merata, menutupi bekas jerawat dan noda di wajah. Intinya, habis pakai ini kulit wajah akan nampak lebih mulus. Hati-hati milih warna foundation, kalo terlalu terang dan beda jauh kayak warna leher kan serem cuy.
  6. Blush on. Membuat pipimu merona bagai orang jatuh cinta hehe. Ini dipakai di pipi, biar keliatan sehat dan seger gitu wajahnya.
  7. Aneka produk pewarna bibir. Saya juga kurang paham ya, kenapa namanya beda-beda padahal fungsinya sama aja. Pertama, lip liner. Sebagai pembuat garis di bibir biar kalo pake lipstik ga lewat batas dan berantakan. Lip liner dijadikan pewarna bibir juga bisa kok. Lipstik, pewarna bibir yang bentuknya stik, wkwk. Ini yang paling familiar dari jaman dahulu kala. Lip tint, pewarna bibir juga, cuma bentuknya cair gitu. Jaman sekarang dipelopori oleh produk yang berasal dari Korea. Lip cream, itu kayak lip tint, tapi lebih kental. Lip gloss, bikin bibirmu kelihatan glossy alias berminyak kayak habis makan gorengan. Lip balm, buat melembabkan bibir, biasanya tak berwarna. Semoga semua produk bibir ini sudah saya tulis semua tanpa terlupa.
  8. Bedak, buat ngeset semua produk make up pada tempatnya dan gak berantakan ke mana-mana.

Sebenernya ada lagi tuh produk make up seperti bronzer, buat bikin muka lebih berdimensi, alias ada bayangannya wkwk. Biasanya dipake di bagian luar wajah kayak jidat bagian atas, pipi deket kuping, dan rahang bawah. Terus ada juga highlighter, untuk bikin muka ada pantulan cahayanya gitu. Kalo para beauty vlogger, makenya di tulang pipi, tulang hidung, di atas bibir atas, sama di dagu.

Banyak banget kan ?

Tapi apakah itu perlu ?

Tadi pagi nih, saya baru aja dinasehati. Allah itu udah menciptakan kita dengan bentuk yang sebaik-baiknya. Di surat At Tin ayat 4, Allah bilang, “Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.” Jadi, sebenernya, ga usah dandan pun, wanita udah cantik. Udah cakep dari sananya. Kata siapa ? Ya kata Allah, lah 😀

Kuncinya, PD aja lagi ❤

Buat para muslimah sejagat raya, kita emang kudu hati-hati banget soal penampilan. Lawan jenis yang bukan mahrom tuh ga berhak ngeliat kita full make up begitu. Jadi, simpen aja cantikmu buat dirimu dan mahrommu, Shalihah. Yang lain mah ga perlu tau kalo kamu aslinya emang cantik.

It’s okay kalo pakai bedak tipis-tipis gitu biar kelihatan seger dan gak dikira belom mandi, tapi jangan berlebihan. Jangan ketebelan bedaknya. Ingat, wanita itu udah cantik. Banyakin senyum aja, banyakin amal shalih dan berbuat baik. Percaya deh, itu cahayanya beneran mantul di muka kita.

Kalo perawatan kulit gitu boleh gak ? Boleh dong, sebagai bentuk rasa syukur kita sama Allah 🙂

Kata sang penasihat pagi ini, “Bidadari aja gak pake make up loh.”

Tapi sebagai bahan pengetahuan, gak ada salahnya belajar dandan. Biar nanti kalo udah nikah, kita bisa cantik dihadapan orang yang seharusnya boleh melihatnya.

Udah ya segitu dulu. Semoga yang baca ini sehat terus. Aamiin.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s