Kata Umar yang Menginspirasiku

Dia Umar. Lelaki yang hebat, kuat, dan perkasa. Dia Singa Padang Pasir. Hampir semua penduduk Mekkah segan padanya. Lelaki yang mulanya sangat membenci Sang Pembawa Risalah, bahkan hendak membunuhnya. Lelaki yang beruntung, Allah memilihnya, mengaruniakan hidayah di hatinya yang keras. Lelaki yang berubah, menjadi jauh lebih lembut, dengan Islam di hatinya, menyatu di jiwa raganya. Dia Umar bin Al Khattab, lelaki yang pada akhirnya menjadi sahabat Nabi, yang teguh membela Nabi, yang akhirnya menjadi salah satu Khulafaurrasyidin, dan salah satu sahabat yang dijamin masuk surga.

Dia Umar, idolaku, sejak aku belajar sejarah kebudayaan Islam di madrasah ibtidaiyah, hingga kini.

Umar pernah bilang,

“Hatiku tenang karena mengetahui bahwa apa yang melewatkanku tidak akan pernah menjadi takdirku, dan apa yang ditakdirkan untukku tidak akan pernah melewatkanku.”

Dari kata-katanya aku tahu, bawa yang mengucap begitu bukan orang sembarangan. Itu adalah kata-kata dengan kekuatan iman yang besar, yang percaya sepenuhnya pada ketetapan Tuhan yang sudah digariskan untuknya. Orang yang begitu yakin, yang teguh, yang begitu patuh dan percaya pada Tuhan yang Maha Kuasa. Tuhan yang menatapkan takdir untuk semua manusia, yang sudah tertulis, dalam kitab yang agung, Lauhul Mahfudz.

Kata-kata itu, adalah ungkapan kepasrahan dari seorang hamba. Bahwa bagaimana pun kerasnya sebuah usaha, jika memang apa yang diharapkan itu tidak ditakdirkan, maka tidak akan terjadi.

Kata-kata itu, berisi keyakinan, bahwa Tuhan yang Maha Segalanya, tahu mana yang terbaik bagi hambanya.

Akhirnya aku belajar tentang sebuah proses yang tidak mudah, yang disebut penerimaan. Aku belajar untuk ikhlas menerima semua ketetapan Tuhanku, sepahit apa pun itu. Aku belajar untuk tidak berandai-andai dan membayangkan jika hal sebaliknya yang terjadi. Aku adalah hamba tuhanku, yang harus berusaha sebaik mungkin untuk hidup dan matiku, dan meyakini bahwa tuhanku sangat mencintaiku dan menakdirkan yang terbaik untukku.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s