Jumat, 18 Mei 2018

Hari ini rasanya panjang sekali. Aku memulai pagi dengan kondisi tidak begitu baik. Lalu sang fajar datang, dan makan minum berhentilah. Aku meninggalkan rumah saat mentari naik sepenggalah. Dimulai dari yang dekat, lalu sedang, lalu jauh. Begitu Tuhan memperjalankan aku. Entah aku tak tahu rencanaNya, seringkali aku diperjalankan di waktu Jumat. Bukankah itu hari yang istimewa? Iya, tentu. Tapi rasanya itu cukup berat bagiku, seorang hamba yang bahkan tak mampu mengurus diri sendiri walau sekejap mata. Aku ada karenaNya, aku berdiri karenaNya, aku sanggup berlari karenaNya. Semoga aku diampuniNya.

Lalu aku dikasih tau. Masa ini, bukan cuma berat buatku. Tapi bagi teman sekelasku, mantan teman sekelasku, teman sedaerahku, teman yang katanya mirip aku, teman seangkatanku. Rasanya ingin kupeluk mereka satu per satu. Lalu aku tanya, ada apa? Bisa kubantu?

Ini tidak mudah sama sekali.

Yang aku tau, Tuhanku Mahabaik.

Dan kejutan kecil itu… Ternyata aku sebegitu sukanya. Bahkan dari belakang pun sudah bisa kukenali. Ternyata sudah lama ini terjadi. Aku tak mungkin salah menebaknya lagi. Yang sedang bersujud, bersama yang lainnya. Yang sedang berdzikir mengingat Sang Pencipta. Aku mana bisa lupa. Sungguh lemahnya aku, melihatnya saja aku tak mampu. Segera aku berpaling, menunggu temanku yang lain.

Setelah itu aku pulang. Di perjalanan, aku kembali mendapat kejutan. Sepertinya sudah sebulan tak bersua. Yang dirasa asing, bisa jadi jaraknya malah dekat sekali. Tapi mungkin belum saatnya aku kenal.

Terbukti, aku tak sanggup sendiri. Bahkan untuk berbagi cerita, rasanya itu sebuah kebutuhan. Untuk saling menguatkan. Karena manusia itu sesungguhnya rapuh.

Untuk yang membaca ini, semoga harimu baik-baik saja. Semoga makin banyak pintu-pintu bercahaya terbuka untukmu. Semoga dimudahkan urusanmu. Itu doaku selalu.

🙂

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s