We’re Growing Up.

Sekarang saya lagi kuliah semester 8. Berhubung lebaran ini saya pulang, saya menyempatkan diri ketemu teman-teman saya jaman sekolah dulu. Saya sendiri punya tiga orang sahabat dekat dari SMP sampai sekarang. Meski kuliah beda kota, kalo kebetulan lagi pada mudik, ya ngumpul dong. Teman-teman SMA saya juga kemarin main ke rumah pas lebaran. Saya liatin mukanya, tambah kece semua. Beberapa udah lulus sarjana. Beberapa lagi menyelesaikan skripsi kayak saya. Yang unik, kemarin saya dateng ke reuni teman-teman SD. Kebetulan saya SD nya di madrasah gitu. Ya Allah gusti, banyak yang udah nikah dan punya anak dong. Kemaren reunian malah bawa anak.

Umur saya berapa siih?

Ternyata hidup itu ajaib sekali ya. Masing-masing manusia bertumbuh dengan jalannya masing-masing. Mengikuti takdir yang sudah Allah gariskan dan sesuai dengan apa yang ia usahakan. Saya melihat teman-teman SD saya, ternyata sudah jauh berbeda dari saat kami kecil dulu. Beberapa orang malah saya lupa wajahnya. Kadang saya berbisik untuk bertanya sama temen saya, “itu siapa?” Dan gak cuma satu dua orang, tapi hampir setengah dari temen SD saya yang datang ke reunian, saya gak ingat ahaha. Mereka udah beda banget. Namanya juga udah 10 taun ga ketemu.

Kalo teman-teman SMA yang datang ke rumah sih, ga terlalu beda sama jaman sekolah dulu. Hmm maksudnya, sifat-sifatnya, kelakuannya. Terus gimana kondisi mereka sekarang tuh kayak nyambung banget sama mereka pas sekolah dulu. Saya ngebatin, “oke temen gue emang begitu.”

Masih soal pertemanan, hmm kalo temen jaman sekolah terus lama ga ketemu, ngerasa udah beda, ya wajar lah ya. Gimana kalo kita ngerasa bedanya itu sama temen yang satu kampus, yang semudah itu bisa ketemu atau bikin janji, lalu tau-tau karena udah beda jurusan atau peminatan, jadi lama ga main bareng terus pas ngobrol lagi setelah sekian lama, dianya udah beda pemikiran sama kita, dan akhirnya kita menyadari bahwa dia udah ga sama kayak dulu jaman masih jadi mahasiswa baru? Pernah ga?

Ah, saya mengalaminya !

MasyaAllah, lihat gimana manusia bisa semudah itu berubah pola pikirnya. Manusia bertumbuh, ga cuma badannya doang ke samping atau ke atas, tapi pikirannya juga. Seiring pengalaman yang dia punya, pelajaran dan hikmah yang dia dapet, siapa temannya, buku apa yang dia baca, semua itu memengaruhi pemikiran-pemikiran yang dihasilkan. Apalagi masa kuliah kayak sekarang. Saya sadar, saya dan temen-teman saya lagi mendewasakan diri, belajar jadi manusia yang bener. Kita semua gak mau punya banyak PR di masa depan, karena belum belajar banyak hal di masa sekarang. Jadi, dalam masa transisi ini, banyaklah belajar hal baik, selesaikan permasalahan di masa lalu yang belum tuntas, dan melangkahlah ke depan. Yakinkan dirimu sendiri, kamu adalah orang baik, dan akan selalu berusaha menjadi baik.

Semangat ya!

You can do it. Hahaha 😀

Jangan lupa minta ditemani sama Allah dalam setiap langkahmu. Semoga Allah selalu menjagamu. Aamiin.

 

NB. Mohon doanya buat seminar dan sidang skripsi saya ya. Tolong doakan segala prosesnya lancar, dan bisa wisuda tahun ini. Aamiin.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s