Pengetahuan untuk Para Cowok tentang Menstruasi

Halo semuaaa ~

Semoga sehat selalu. 

Kali ini, saya mau ngomongin soal menstruasi. Saya mikir, ini blog penulisnya cewek, tapi gak pernah ngebahas masalah kewanitaan. Kayaknya gak masalah sih kalo sekali-kali ngomongin ini. Kalo yang baca tulisan ini cewek, ya semoga kalian kuat ya menghadapi aktivitas rutin setiap bulan ituh. Stay strong, girls ! Kalo yang baca cowok, semoga aja kalian memahami apa yang terjadi pada kami, sesuatu yang sulit kami jelaskan pada kalian. Semoga kalo ada cowok yang baca ini, jadi semakin mengerti, dan peduli sama cewek di sekitarnya, misal keluarganya, yang lagi menstruasi. Secara kan para cowok gak ngalamin, jadi saya pikir pengetahuannya pasti minim, kecuali kalian emang tenaga medis. Jadi, semoga tulisan ini bisa mengurangi ke-kepoan kalian. Btw cowok kepo gak sih, soal menstruasi ? Wkwk

Oke.

Jadi, setiap cewek di muka Bumi ini, sejak dia baligh sampai sebelum menopouse, normalnya akan mengalami menstruasi setiap bulan. Usia baligh tuh macem-macem mulainya, tiap cewek beda-beda. Ada yang pertama kali di umur 12 tahun, ada yang lebih awal, misalnya 9 tahun, ada juga yang pertama kali menstruasi di usia SMA. Pokoknya gak bisa disamain.

Terus, menopouse itu adalah suatu masa di mana wanita gak menstruasi lagi. Nah, kalo udah menopouse, wanita gak akan bisa punya anak lagi. Biasanya menopouse terjadi di usia 40 ke atas. Sekali lagi, setiap wanita gak bisa disamain. Jadi menstruasi itu adalah salah satu tanda kalo wanita masih bisa punya anak, karena di saat menstruasi sel telur yang gak dibuahi oleh sel sperma akan meluruh keluar bersama dengan darah menstruasi. Gimana kalo sel telurnya berhasil dibuahi ? Wanita akan hamil. Pertemuan sel telur dan sel sperma akan berkembang menjadi janin, calon bayi. Jadi, wanita hamil gak akan mengalami menstruasi.

O iya, hubungan seksual sekali saja, kalo hoki, terus sel telurnya berhasil dibuahi, dapat menyebabkan kehamilan. Jadi, pastikan hubungan seksual dilakukan oleh pasangan suami istri yang sah. Biar pas dapat kabar hamil seneng, bukannya bingung. Ehe.

Lanjut.

Kenapa tadi saya bilang normalnya wanita akan menstruasi tiap bulan ? Soalnya rata-rata siklus menstruasi itu ya sebulan sekali. Tapi sekali lagi kawan-kawan, setiap wanita itu gak bisa disamain. Ada yang siklusnya lebih dari sebulan, misal 40 hari, ada yang lebih cepet, misal 3 minggu sekali. Siklus itu apa sih ? Misal wanita siklusnya 30 hari, maka setiap 30 hari akan mengalami menstruasi. Gitu.

Berapa lama wanita akan mengalami menstruasi ? Rata-rata, selama 7-8 hari. Ada yang cuma 5 hari, ada yang lama bisa sampai 15 hari. Setiap wanita gak sama. Ini udah keempat kalinya saya bilang. Wkwk. Kalo di Islam, hubungan seksual di saat istri lagi menstruasi itu dilarang. Yang dilarang itu adalah penetrasi penis ke liang vagina. Sila baca di sini.  Jadi, sabar ya suami. Sayangi istri kalian. Taati aturan agama.

Sebenernya apa sih yang dirasakan wanita kalo lagi menstruasi ?

Sakit bok. Sakit banget. Kondisi setiap wanita itu gak sama, tapi rata-rata kami gak nyaman saat sedang menstruasi. Kondisi paling umum yang dirasakan adalah keram perut. Sakit perutnya. Kalo saya sih, kadang sakitnya sampe ke punggung. Gak enak banget. Rasa sakitnya akan semakin berkurang di hari-hari selanjutnya. Biasanya di hari-hari awal menstruasi itu sakitnya berasa banget. 

Selain keram perut, biasanya ada gejala lain, misalnya pusing, kembung, konstipasi, dan mudah lelah. Akibat ke psikis adalah, kami jadi sensitif dan gampang marah. Wkwk. Wajar kan, karena lagi gak enak badannya. Bisa dimaklumi juga kalo ada cuti khusus selama 2 hari saat menstruasi yang diatur dalam 
Pasal 81 ayat (1) Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Untukmu girls, gunakan hak cutimu. Sehat terus ya cantik.

Sama seperti kondisi kesehatan lainnya, menstruasi dapat dipengaruhi oleh hal lain, misalnya stres. Yang namanya stres itu emang bikin badan jadi ngaco. Akibatnya, bisa jadi menstruasi datengnya telat atau lebih cepat, durasinya jadi lebih lama, atau sakit-sakit yang mengiringi menstruasi jadi lebih parah. Selain itu, menstruasi juga dipengaruhi sama kesehatan alat reproduksi wanita. Penyakit yang terjadi di rahim, seperti endometriosis, itu juga bisa ngaruh ke menstruasi.

Untuk para wanita di luar sana, semangat. Buat dirimu senyaman mungkin selama menstruasi. Kalo emang biasa mengonsumsi Kiranti atau Feminax gitu, selama bisa bikin kalian nyaman, lakuin aja. Saya biasanya ngompres perut pakai air hangat kalo lagi menstruasi, supaya mengurangi sakitnya.

Apa yang bisa dilakukan orang sekitar ?

Satu, bersikaplah lebih sabar dan pengertian. Jangan malah nyebelin dan banyak menuntut. Jangan cerewet. Jadilah lebih perhatian. 

Dua, bersedialah membantu kalo kami butuh bantuan, terutama kalo kami merasa sakit.

Itu aja sih. Gak repot kan ? Jadilah lebih peduli.

Oke, selamat hari Senin. Semangat ya, weekend masih lama huhu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s